What does it mean - Was bedeutet das

Apa Arti Fammun


Fammun adalah kata dalam bahasa Arab yang memiliki arti mulut. Kata ini sering digunakan dalam konteks agama dan budaya Islam.

Dalam Al-Quran, kata fammun disebutkan beberapa kali, seperti dalam surat Al-Baqarah ayat 175:

وَلَا تَجْعَلُوا أَيْدِيَكُمْ أَيْدِيَ الْمُقَيِّدِينَ فِي الْغَلِّ أَوَلَئِكَ هُمُ الْمُقَرِّبُونَ

وَلَا تَمْسِحُوا بِهِ وُجُوهَكُمْ وَلَا رُؤُوسَكُمْ أَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ مَنْ لَمَسَهُ أَوْ لَعَلَّهُ كَانَ مُسْحِقًا أَوْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى عَمَلٍ فَأَرَادَ أَنْ يُؤْذِيَكُمْ فَأَذَاكُمْ أَوْ لَعَلَّهُ أَذَنَبَ فَأَصَابَكُمْ بِذَنْبِهِ مَا أَنْتُمْ بِهِ مُلْزِمِينَ

وَلَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النِّسَاءِ بِغَيْرِ إِذْنٍ مِنْهِنَّ وَلَا تَسْأَلُوهِنَّ مَا خَلَفَ الْأَبْوَابِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَصْنَعُونَ خَبِيرًا

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

(QS. Al-Baqarah: 175)

Dalam ayat ini, Allah SWT melarang hamba-Nya untuk menyentuh wanita yang bukan mahramnya dengan tangannya. Kata fammun digunakan untuk merujuk pada mulut wanita, yang berarti bahwa laki-laki tidak boleh menyentuh mulut wanita yang bukan mahramnya.

Selain dalam Al-Quran, kata fammun juga digunakan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Contohnya, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau diam."

(HR. Bukhari)

Dalam hadits ini, Nabi Muhammad SAW menggunakan kata fammun untuk merujuk pada mulut, yang berarti bahwa seorang muslim harus selalu menjaga ucapannya dan hanya berbicara yang baik.

Referensi:


Back To Top